Follow Us

SBY Tolak Menghentikan Proyek E-KTP! Begini Alasannya....



Indonesia News Today — Mantan Politisi Partai Demokrat, Mirwan Amir kali ini namanya mencuat ramai dibicarakan publik. Mantan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Mirwan Amir, menyebut nama SBY saat dihadirkan sebagai saksi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. Politisi Partai Demokrat itu mengaku pernah menyarankan SBY menghentikan proyek e-KTP.

Nama Susilo Bambang Yudhoyono disebut di sidang kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP yang menjerat terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).  Hal itu diungkapkan oleh Mirwan saat menjadi saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (25/1/2018). Mirwan bersaksi untuk terdakwa Setya Novanto.

"Saya menyampaikan ke Pak SBY agar e-KTP tidak diteruskan," ujar Mirwan di dalam persidangan. "Saya sempat menyampaikan ke Pak SBY agar e-KTP tidak diteruskan, di Cikeas. Tanggapan dari Pak SBY ini kita untuk menuju Pilkada, jadi proyek ini diteruskan," kata Mirwan Amir di pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis, (25/1/2018).

Menurut Mirwan, saat itu ia mendengar informasi dari pengusaha Yusnan Solihin bahwa ada masalah dalam pelaksanaan proyek e-KTP. Saran Mirwan itu disampaikan pada 2010 saat pertemuan informal. 

Mendengar pernyataan SBY meminta proyek e-KTP dilanjutkan, Mirwan tidak melanjutkan saran itu.  Dia memaklumi posisinya sebagai orang biasa. 

"Kekuatan menyetop program e-KTP tapi saya sudah sampaikan itu kepada Pak SBY atas saran dari Pak Yusnan Solihin karena memang ada masalah. Saya tidak tahu secara teknisnya. Kebetulan saat itu ada acara di Cikeas, jadi secara sekilas saja, paling tidak sudah disampaikan," kata Mirwan.
Informasi itu kemudian disampaikan kepada SBY saat ada kegiatan di kediaman SBY di Cikeas, Jawa Barat.

Akan tetapi, menurut mantan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) itu, SBY menolak menghentikan proyek e-KTP yang sedang berlangsung pada saat itu alasannya karena menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Tanggapan Bapak SBY karena ini menuju pilkada, jadi proyek ini harus diteruskan," kata Mirwan.
Dalam persidangan, Mirwan mengatakan, saat itu ia tidak memiliki kekuatan menghentikan proyek e-KTP.

Sumber : Kompas , Tribun

</script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==