Follow Us

'MIRIS' Begini Kondisi Setya Novanto Di Dalam Tahanan...





INDONESIA NEWS TODAY— Mantan Ketua DPR Setya Novanto yang saat ini berada di tahanan setelah terjerat kasus korupsi, kehidupannya yang sekarang berubah total sejak menjadi tersangka dan ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK). Novanto mengakui bahwa status sosial dan kedudukannya merosot tajam.

Hal itu dikatakan mantan orang nomor satu di Partai Golkar tersebut sebelum menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (25/1/2018). Kehidupannya dulu dengan sekarang sangatlah berbeda jauh.

"Sekarang kan jadi anak kos, he-he-he. Sekarang rakyat jelata," kata Setya Novanto terhadap salah satu wartawan. Kehidupannya saat ini memang tidak lagi terlihat mewah seperti saat dahulu sebelum mendekam di tahanan, saat ini ia banyak bersikap sederhana dan saling membantu satu sama lain dalam tahanan. 

Sejak 17 November 2017, Novanto resmi menjadi tahanan KPK. Sejak saat itu pula Novanto tidak lagi tinggal di rumah mewah di Jalan Wijaya XIII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tinggal di dalam tahanan benar-benar mengubah kebiasaan dan gaya hidup Novanto. Menjadi tahanan, Novanto diwajibkan mengurus dirinya sendiri. Baik itu dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali.

Sebagai warga Rutan KPK, Novanto diwajibkan berbagi tugas dan pekerjaan dengan tahanan lain. Dalam hal ini, termasuk pekerjaan kasar , seperti kegiatan bersih-bersih rutan. Kegiatan kesehariannya banyak dilakukan dengan penuh kebersamaan.

"Sekarang jadi rakyatlah. Sekarang kami berbagi ngepel, nyapu, nyuci piring. Saya kebagian cuci piring sajalah," kata Novanto. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari dalam kesehariannya di dalam tahanan.

Berada di dalam tahanan juga mengubah menu makanan Novanto. Misalnya, sebelum menjalani persidangan, Novanto mengaku hanya sarapan mi instan. Menu makanan tersebut hamper mirip dengan kebiasaan anak kos saat akhir bulan.

Menurut Novanto, saat paling menyenangkan adalah saat setiap tahanan mendapat kiriman makanan dari keluarga yang datang membesuk. Biasanya, makanan kiriman dinikmati bersama-sama tahanan lain. 

"Menunya, ya, ganti-ganti, tetapi kami biasa dapat kiriman dari keluarga. Kami saling sharing satu sama lain. Sama-sama susah, kan," kata Novanto saat ditanya mengenai menu makanan yang ia dapatkan didapatkan didalam tahanan.

Sumber : Kompas
</script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==